Jumat, 12 Oktober 2012

Pengertian Intruder


Pengertian Intruder

1. Pengertian : Penyusup. orang yang menyusup, orang yang ikut campur. Istilah ini digunakan untuk orang yang menyusup pada suatu sistem.

Contoh Intruder
v Keingintahuan seseorang akan hal-hal pribadi seseorang
w  Banyak orang yang mempunyai PC yang terhubung ke jaringan.
w  Beberapa orang dalam jaringan tersebut suka membaca e-mail dan file orang lain jika dalam jaringan tersebut tidak ditempatkan sistem penghalang.
w  Contoh : sebagian besar sistem UNIX mempunyai default bahwa semua file yang baru diciptakan dapat dibaca oleh orang lain.
v  Penyusupan oleh orang-orang dalam
w  Pelajar, programmer, operator dan personil teknis menganggap bahwa mematahkan sistem keamanan komputer lokal merupakan suatu tantangan.
w Mereka biasanya sangat ahli dan bersedia mengorbankan banyak waktu untuk melakukan hal tersebut.
v  Keinginan untuk mendapatkan uang
w  Beberapa pemrogram bank mencoba mencuri uang dari bank tempat mereka bekerja dengan mengubah software sehingga akan memotong bunga daripada membulatkannya, menyimpan uang kecil untuk mereka sendiri, menarik uang dari account yang sudah tidak digunakan selama bertahun-tahun, ataupun memeras


Cara Mencegah
v  Pengamanan fisik
Pengamanan fisik dapat dilakukan dengan menempatkan sistem komputer pada tempat yang mudah diawasi dan dikontrol untuk mengantisipasi kelalaian dari para user  yang sering meninggalkan terminal komputer dalam keadaan logon..
v  Pengamanan akses
w  Pengamanan akses biasanya menjadi tanggung jawab para administrator sistem.
w  Dalam hal ini seorang administrator harus mampu mengontrol dan mendokumentasikan seluruh akses ke sistem komputer dengan baik sehingga dapat mempercepat dan mempermudah pencarian penyebab masalah dan solusinya bila suatu saat terjadi sesuatu dalam sistem komputer tersebut.
v  Pengamanan data
w  Pengamanan data dilakukan dengan menerapkan sistem tingkatan akses di mana seseorang hanya dapat mengakses data tertentu saja yang menjadi haknya.
w  Sebagai contoh departemen pemasaran suatu perusahaan hanya dapat mengakses data yang berkaitan dengan pemasaran barang.
v  Pengamanan jaringan
w  Jaringan disini berkaitan erat dengan pemanfaatan jaringan publik seperti Internet.
Pengamanan jaringan dapat dilakukan dengan menggunakan kriptografi di mana data yang sifatnya sensitif dienkripsi terlebih dahulu sebelum ditransmisikan melalui internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar